Senin, 25 April 2011

Green Tree Python - Chondro - Morelia viridis


Kita di Indonesia mengenalnya dengan nama ular chondro. Memiliki ukuran rata-rata 120cm, meski dia bisa mencapai 2m.
Merupakan ular yang unik karena melalui fase perubahan warna dalam kehidupannya. Ketika kecil berwarna merah, orange ataupun kuning. Kala remaja ketika mulai berubah warna akan memiliki perpaduan dari warna dasar ke warna hijau. Dan ketika dewasa normalnya berubah menjadi warna hijau. Memiliki strip maupun spot bermacam-macam dengan variasi warna mulai dari hijau, putih sampai agak kekuningan. Diketahui pula dia bisa mempunyai perubahan warna menjadi biru ketika dewasa. Habitat daerah asal ditemukannyalah yang membuat dia saling berbeda motif. Daerah tersebut diantaranya Jayapura, Lereh, Siklop, Karubaga, Enarotali, Mapenduma, Sarmi, Demta, Biak, Yapen, Nabire, Wamena, Merauke, Oksibil, Aru, Misool dan Kafiau. Hidup di hutan hujan. Berkembang biak dengan bertelur. Aktif di malam hari.

INFO: GTP baby suka dengan cicak/kadal karena ukurannya gede n enak buat dililit.. (selain karena di alamnya memang itu yang mudah didapat olehnya)
Jadi kita bisa dan muat kalau kasih GTP makan dengan pingkies merah kecil ataupun yang lebih besar (berbulu)
Makanya kalau mau kasih makan pingkies, mesti coba banyak ukuran pingkies juga yang cocok di hati GTP buat dilahap..
Bisa dibiarkan ditaruh dibiarkan di bawah, ataupun dengan diiming-iming depan mukanya.. Kalau dengan diiming, jangan dilepas dulu pegangan kita dibuntut pingkies sebelum sang GTP melilitnya, karena jika langsung dilepas suka tidak untuk dimakan, karena dia cuma berlaku menggigit sebagai proteksinya aja.
Keadaan ruang yang terang ataupun gelap juga bisa berpengaruh..
Belum lagi jarak batang tangkringan ke dasarnya serta luasan kandang ketika diberi umpan juga turut mempengaruhi keinginannya untuk makan.
Apakah ada patokan pastinya..?
Tidak ada kepastiannya.., karena sifat karakter masing-masing GTP bisa berlainan..
Dengan mencoba baru kita bisa kenal dengan masing-masing karakter peliharaan kita.. (ini sebenarnya bisa diterapkan untuk semua ular juga kecuali soal tangkringan)
Semoga berguna dan selamat mencoba :)
Chondro Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar